Jalur Pendakian Gunung Merapi via Selo

Puncak Merapi dari Pasar Bubrah (Viverani)

Gunung Merapi masih aktif dan ditutup untuk pendakian hingga sekarang --saat artikel ini ditulis tanggal (29/09/2019) --. Pendakian dibuka saat gunung dalam status normal saja. Pada awalnya terdapat 5 jalur pendakian di gunung Merapi, karena Erupsi yang terjadi pada tahun 2006 dan 2010 banyak jalur Pendakian Merapi yang ditutup. Saat ini yang dibuka hanya jalur Selo dan Sapuangin. Namun mayoritas pendaki memilih melewati jalur Selo karena rutenya cepat dan mudah.
  1. Jalur pendakian via Selo, Boyolali.
  2. Jalur pendakian via Sapuangin, Klaten.
  3. Jalur pendakian via Kinahrejo, Cangkringan. (Tutup)
  4. Jalur pendakian via Babadan, Magelang. (Tutup)
  5. Jalur pendakian via Lendong, Cepogo. (Tutup)

JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERAPI VIA SELO

INFORMASI GUNUNG MERAPI
Lokasi: Jawa Tengah.
Ketinggian: 2930 MDPL
Puncak: Merapi. (Dilarang mendaki sampai puncak)
Suhu Puncak: 5 - 10 °C.
Tipe: Gunung Strato. (Aktif)
Spot Alam: Hutan Tropis, Batuan dan Pasir. 
Pengelola: Balai Taman Nasional Gunung Merapi. BTNGM. 
Website: www.tngunungmerapi.org

ESTIMASI WAKTU PENDAKIAN
Lokasi Awal dan Tujuan Waktu Tempuh
Basecamp - Gerbang TNGM 1 Jam
Gerbang TNGM - Pos 1 1 Jam
Pos 1 - Pos 2 1 Jam
Pos 2 - Pasar Bubrah 1 Jam 
Pasar Bubrah - Puncak Merapi 1 Jam
TOTAL PERJALANAN 5 Jam

Perjalanan pendakian gunung Merapi memakan waktu 5 – 7 jam tergantung
kecepatan dan kekuatan berjalan

RINCIAN PERJALANAN
Basecamp Merapi
Akses ke basecamp Merapi lebih mudah di jangkau dengan kendaraan pribadi motor atau mobil, jika ingin menggunakan kendaraan umum hanya dapat diakses dengan bus jurusan Solo - Semarang atau sebaliknya, turun di perempatan Surodanan Boyolali, kemudian menaiki bus kecil jurusan Boyolali - Desa Selo, turun di pertigaan basecamp Merapi dan berjalan kaki sekitar 15 menit dengan kondisi jalan beraspal.

Basecamp Merapi ke Gerbang TNGM
Perjalanan dimulai dari basecamp ke lokasi parkir tertinggi yaitu New Selo dengan medan jalan beraspal, bisa ditempuh dengan waktu 15 menit. Dari New Selo dilanjutkan melewati jalan cor beton, yang tidak terlalu menanjak, kemudian melewati ladang penduduk, sampai di sini jalan sudah berupa tanah sampai dengan Gerbang TNGM. Gerbang TNGM adalah batas ladang penduduk dengan hutan lereng Merapi, di tempat ini terdapat shelter untuk berteduh sejenak.

Gerbang TNGM ke Pos 1
Setelah gerbang TNGM jalan berupa tanjakan tanah berbatu, perjalanan ini melewati hutan lereng merapi dengan pohon-pohon khas pegunungan tetapi tidak rimbun. Setelah kira-kira 60 menit, sampailah di Pos 1 (Watu Belah), terdapat shelter di tempat ini, saat ini shelter dalam kondisi rusak tetapi masih bisa dipakai untuk berteduh.

Pos 1 ke Pos 2
Setelah Pos 1 medan jalan akan berbatu menanjak, tidak ada dataran landai. Tanjakan berbatu sampai Pos 2 yang memakan waktu kira-kira 60 menit. Di pos ini tidak ada shelter untuk tempat berteduh, hanya ada batu besar dan tanah yang sedikit lapang, cukup untuk mendirikan 5 tenda. Jika mendaki malam hari, sampai di pos ini angin akan terasa kencang, jika di siang hari maka puncak Merapi akan terlihat jelas.

Pos 2 ke Pasar Bubrah
Perjalanan dilanjutkan dengan medan yang semakin menanjak, sedikit sekali tumbuhan yang dijumpai di sekitar jalan, angin akan terasa kencang, biasanya jika malam hari pendaki mulai memakai jaket tebal setelah pos 2. Setengah perjalanan ke Pasar Bubrah akan melewati batu besar (Watu Gajah), tempat yang iconic dengan batu yang besar di samping jalur pendakian, mulai dari sini jalur berupa pasir berbatu yang curam sampai ke Pasar Bubrah. Pasar Bubrah adalah tempat terbuka yang lapang dengan banyak batuan kecil dan besar, disini tempat favorite pendaki untuk mendirikan tenda, tempat terakhir disarankan pendakian.

Pasar Bubrah ke Puncak
Ilegal untuk melakukan pendakian sampai puncak Merapi. Semua resiko ditanggung oleh pendaki sendiri. Pihak pengelola melarang pendaki untuk melakukan pendakian sampai puncak Merapi, selain karena gunung ini aktif, juga jalur yang berbahaya karena sangat curam. Medan berupa batu dan pasir dengan kemiringan hampir 85°. Waktu tempuh dari Pasar Bubrah ke Puncak, rata-rata 60 menit dengan perjalanan pelan.

ESTIMASI BIAYA
Simaksi Lokal Rp. 15.000,-
Simaksi Asing Rp.-
Parkir Motor Inap Rp. 5.000,-
Guide Rp. - / hari
Porter Rp. - / hari

INFORMASI
-

PAKET TRIP MERAPI
Paket 1 Hari 1 Malam

DOKUMENTASI
New Selo

Gerbang TNGM

Watu Belah Pos 1

Shelter Pos 1

Papan Nama Pos 1

Jalan Bebatuan

Pos 2

Pos 2 Gunung Merapi

Rute menuju Pasar Bubrah Setelah Pos 2

Pasar Bubrah batas akhir pendakian

Pendaki yang nekat ke Puncak

Rute yang curam ke Puncak, berbatu dan berpasir.

Kemiringan yang extreme

Kawah Merapi

Puncak Gunung Merapi

Pasar Bubrah terlihat dari Puncak

Pemandangan kota Solo malam hari dari Gunung Merapi

Langit malam di Pos 1 Gunung Merapi


Post a comment

0 Comments