5 Gunung Tertinggi di Indonesia

Walaupun berada di zona rawan bencana karena dilalui oleh cincin api pasifik, Indonesia memiliki sederet gunung-gunung tinggi yang memukau. Banyak dari kalangan pendaki lokal maupun luar negeri ketagihan menikmati keindahan gunung Indonesia. Gunung apa saja yang masuk dalam daftar lima gunung tertinggi? Simak ulasannya berikut.

1. PUNCAK JAYA | 4.884 MDPL
Sebuah puncak yang menjadi bagian dari barisan pegunungan Jaya Wijaya berada di provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4.884 meter dari permukaan laut (mdpl), di sekitarnya terdapat Gletser Carstenz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global. Puncak ini pernah dinamai Poentjak Soekarno. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia. Beberapa nama Puncak Jaya; Nemangkawi, Ngga Pulu, Gunung Carstensz, Piramida Carstensz, Puncak Carstensz, Puncak Jayadikesuma, Puncak Piramida Carstensz, Ndugundugu.

Puncak Jaya (edugeography.com)

2. GUNUNG KERINCI | 3.805 MDPL
Juga dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura adalah gunung tertinggi di Sumatra dan juga gunung berapi tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.805 meter dari permukaan laut. Gunung berapi yang bertipe stratovolcano ini masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009. Gunung Kerinci terletak di provinsi Sumatera Barat dan Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dengan kawah seluas 400x120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera.

Gunung Kerinci (tabloidwisata.com)

3. GUNUNG RINJANI | 3.726 MDPL
Merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter dari permukaan laut. Gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini merupakan salah satu gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan alamnya. Gunung ini bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha.

Gunung Rinjani Tampak Atas (kompasberita.com)

4. GUNUNG SEMERU | 3.676 MDPL
Gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut. Masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kawah di puncak Gunung Semeru (Mahameru) dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Sangat tidak disarankan untuk menuju kawah ini dikarenakan ada gas beracun (Wedus Gembel) dan aliran lahar. Terjadi letusan Wedus Gembel setiap 15-30 menit pada puncak gunung Semeru yang masih aktif. Pada bulan November 1997 Gunung Semeru meletus sebanyak 2990 kali.

Gunung Semeru (wisatapriangan.co.id)

5. GUNUNG SLAMET | 3.428 MDPL
Mempunyai ketinggian 3.428 meter dari permukaan laut terletak di Pulau Jawa. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa. Empat kawah yang berada di puncaknya semuanya masih aktif. Gunung Slamet cukup populer sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturaden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas.

Gunung Slamet (nasionalisme.co)


Post a comment

3 Comments

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Indonesia . Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di klik disini

    ReplyDelete
  2. Gunung di wilayah Indonesia memang sangta indah
    ST3 Telkom

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)